Kemang Pratama, Bekasi-Indonesia gendukundul@gmail.com +62 813-1481-8283

Informasi Pariwisata Indonesia

Kamis, 03 Agustus 2017

Tempat Wisata Alam Alas Purwo

Arulin Yuuk - Para wisatawan yang berkunjung ke Alas Purwo akan disambut sebuah pesan bijak, "Alam itu pasrah kepadamu" yang tertulis disebuah papan. Pesan singkat ini tentu sebagai 'reminder' kepada umat manusia bahwa kelestarian dan kerusakan alam sangat tergantung dari perbuatan manusia sendiri terhadap alam. Alas Purwo merupakan salah satu hutan tropis di Pulau Jawa yang masih Natural.


Alas Purwo memiliki Padang Rumput (Savana) yang luasnya mencapai 80 Ha di sektor Sadengan. Padang Rumput ini menjadi sumber makanan dan tempat hidup berbagai binatang. Banteng (bos javanicus), Babi Hutan (sus scrofa), Rusa (cervus timorensis), Kijang (muntiacus muntjak), Ajag (cuon alpinus), Macan Tutul (panthera pardus) adalah sebagian dari satwa liar yang, jika beruntung, bisa disaksikan wisatawan. Tentu menjadi pengalaman menarik dan langka jika kita beruntung menyaksikan perilaku satwa-satwa liar itu hidup di habitatnya secara langsung.

Agar kita tidak terlewat moment penting dalam memperhatikan satwa, maka sebaiknya wisatawan membekali perlengkapan wisata dengan kamera dan Teropong. Pada sore hari di Sadengan, bisa jadi wisatawan beruntung menyaksikan hewan-hewan tersebut sedang mengais makanan di padang rumput. Dari pos pemantauan satwa yang berbentuk gubuk dengan tiga lantai, wisatawan bisa melihat secara langsung satwa liar dari ketinggian.

Ada sebuah mitos yang sangat diyakini oleh masyarakat, jika ada yang berani merusak Alas Purwo maka dia akan mendapatkan bala dikemudian hari. Karena itulah, di gerbang masuk sektor Rowo Bendo tertulis ”Jangan Tinggalkan Apapun kecuali Telapak Kaki dan Jangan Mengambil Apapun kecuali Foto”
Di sektor timur ini terdapat beberapa goa diantaranya yaitu Goa Istana, Macan, Sendang Srengenge, Padepokan, dan Putri. Keberadaan Goa ini banyak digunakan para pencari ilmu (laku) untuk mendalami ilmu-ilmu spiritual dan kedigdayaan. Tanaman bambu mendominasi sektor ini dengan luas mencapai 40% dari total luas hutan. Sementara itu, di sektor barat yang dekat pantai, banyak terdapat hutan bakau terutama di segoro anakan.


Alas Purwo dapat kita capai dalam waktu 1 jam perjalan dari Kota Banyuwangi Jawa Timur. Sepanjang perjalanan dari Banyuwangi ke Kecamatan Tegaldlimo akan melalui hutan buatan yang menjadi zona penyangga Taman Nasional Alas Purwo. Setelah membayar tiket masuk yang harganya sangat terjangkau, 1 km pertama ke arah Timur wisatawan dapat melihat bangunan yang digunakan umat Hindu melakukan upacara Pagerwesi (upacara keagamaan umat hindu yang dilakukan periodik setiap 210 hari).

0 komentar:

Posting Komentar

Utamakan etika dan sopan santun dalam komentar

Populer